Inilah Foto Hantu Pertama Di Dunia



Inilah Foto Hantu Pertama Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Di internet dan TV berbayar, banyak foto hantubisa ditemui. Bahkan, diterbitkan dalam banyak buku dan majalah. Namun, tahukahAnda kapan foto ini pertama muncul? Pemburu hantu amatir menawarkan ribuan fotoyang ia klaim sebagai hantu. Beberapa diantaranya terlihat seperti bayangan,figur seperti manusia, dan lainnya seperti pantulan cahaya berbentuk bulat.

Namun semua jenis foto menyeramkan itusebenarnya diawali sebuah hoax yang dibuat fotografer cerdas. Di satu sisiseperti dikutip dari berbagai , fenomena orang mengklaim berhasilmengambil gambar arwah merupakan fenomena yang relatif baru.

Orang mengetahui dengan pasti siapa orangpertama yang mengklaim berhasil mengambil gambar hantu. Fotografer William H.Mumler pertama menghasilkan "foto arwah" pada 1861. Ia menciptakan lebih darilusinan foto hingga dekade berikutnya.

Hantu-hantu ini bukanlah bulatan cahaya ataufigur bayangan yang sering tertangkap kamera saat ini melainkan gambar orangasli yang tampak samar dan berhantu. Penulis Photography and Spirit John Harveymengatakan, "Pada foto Mumler, roh tampak pucat dan memakai baju sepertibaju malaikat".

Mumler merupakan orang pertama yang menemukanfoto semacam ini dan ia yakin, banyak orang memiliki hubungan khusus pada"dunia lain". Subyek paling terkenal Mumler adalah janda presiden AmerikaSerikat ke-16, Mary Todd Lincoln, yang ia foto bersama pencitraan suaminyaberdiri di sebelahnya.

Pada kenyataannya, Mumler akhirnya mengakusebagai pembuat hoax. "Hantu" yang ia foto hanyalah eksposur ganda daripelanggan sebelumnya. Meski foto hantu pertama ternyata hanya sekadar hoax,saat ini banyak foto serupa bermunculan. Meski teknologi terus berkembang,fotografis asli membuktikan hantu selalu menjadi obyek yang sukar dipahami.


Follow On Twitter