Awas! Keseringan Ngupil Bisa Berbahaya !!



Awas! Keseringan Ngupil Bisa Berbahaya !! [ www.BlogApaAja.com ]

Bagi beberapa orang mengupil adalah salah satu kegiatan yang sangatmengasyikkan dan juga menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisasangat berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsindengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupilsebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau ketika sedangsantai.

Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkanhidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dan menempel pada hidung denganmenggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentucenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli bagi orang lainyang melihatnya.

Upil yang ada di lubang hidung ini sebenarnya terbentuk dari lendir yangmengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkanlendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan juga benda-benda asinglainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkansensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untukmengupil.

Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa alasan yang seringkali membuatseseorang harus mengupil.

Sedang bengong atau memikirkan sesuatu



Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedangtidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengankebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpasadar melakukannya di depan umum.

Menghilangkan iritasi



Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-halseperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi,maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui caramengupil.

Untuk menghilangkan sekresi hidung



Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresihidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yangmembuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untukmembuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

Gangguan obsesif-kompulsif



Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yangdisebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankanperasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali iamengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengangangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudahmengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidakmelukai lapisan di dalam hidung.

Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidungmenjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidungtetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampurdengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulitbernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-bendaasing dari luar.

Akibat keseringan mengupil adalah:

1. Mudah terkena flu



Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat didalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalamhidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh dirisendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu,tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

2. Mimisan



Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkankerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteridan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Infeksi



Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman danbakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

4. Merontokkan rambut hidung



Ketika mengupil secara konsisten dan terus menerus akan menyebabkanrambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untukmenyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalanbagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

5. Bisa meninggal



Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yangbesar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulangini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulangini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.


Follow On Twitter